Tujuan

  1. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mengenal peserta didik secara mendalam sehingga pelayanan proses pembelajaran kepada setiap individu anak menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.
  2. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang benarbenar menguasai bidang keahliannya, baik secara keilmuan maupun kependidikan.
  3. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu dan berkompeten menyusun rencana pembelajaran yang baik dan efektif, mampu melaksanakan rencana pembelajaran secara efisien dan berdisiplin tinggi, serta mampu melakukan penilaian hasil proses pembelajaran secara adil, transparan, sesuai dengan kriteria penilaian, dan jujur.
  4. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu menindaklanjuti hasil penilaian proses pembelajaran sebelumnya melalui berbagai usaha pembimbingan, remedial, dan pelatihan khusus.
  5. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu melakukan berbagai penelitian pendidikan, terutama penelitian tindakan kelas, dan berinisiatif untuk melakukan pengembangan diri sehingga semakin professional dalam melaksanakan pekerjaannya.