Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN), FKIP Universitas Syiah Kuala menghadirkan conference chair Annual International Conference (AIC)-11, 2021 bidang Social Sciences pada acara Postgraduate Student Seminar Series.
Tema yang dibahas pada webinar ini adalah tentang strategi menembus prosiding dan jurnal beraputasi. Webinar ini dilaksanakan secara virtual pada hari Selasa, 31 Agustus 2021 via Zoom.
Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Asnawi Muslem dalam pembukaannya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan webinar postgraduate student seminar series ini.
“Sebagai ketua jurusan, kami sangat mengapresiasi atas terlaksananya webinar ini. Postgraduate Student Seminar Series ini adalah salah satu program unggulan dari prodi S2 Bahasa Inggris FKIP USK di bawah kepemimpinan Dr. Iskandar.” ujar Asnawi.
Lebih lanjut Asnawi menyampaikan bahwa topik bahasan pada webinar ini benar-benar sangat bermanfaat bagi para dosen, guru, mahasiswa yang semuanya mereka adalah para peneliti.
“Topik yang dibahas pada acara ini sangat bermanfaat bagi para dosen, guru dan mahasiswa tentang bagaimana strategi untuk mempublikasikan karya ilmiah pada prosiding dan jurnal bereputasi”, tutup Asnawi.
Sementara Dr. Ratna Mulyany, pemateri pada acara webinar ini membagi empat tips supaya sukses dalam mempublikasikan karya ilmiahnya pada prosiding dan jurnal bereputasi.
“Setidaknya ada empat strategi yang patut di perhatikan supaya karya tulis kita bisa terpublish di prosiding dan jurnal bereputasi dengan index Scopus dan WoS.”
Dr Ratna mendetilkan ke empat strategi itu “pertama adalah kualitas penelitian; kedua, kualitas tulisan; ketiga berlatih secara kontinyu; dan keempat adalah merespon secara serius terhadap komentar yang diberikan oleh chief editor dan reviewer.” tutup Ratna.
Dr. Iskandar Abdul Samad, koordinator prodi S2 Bahasa Inggris yang juga ketua umum konfrensi AIC 2021 ini mengajak semua peneliti yang hadir untuk mengirim tulisan terbaiknya pada konfrensi ini.
“Kami menunggu paper terbaik Bapak/Ibu peserta yang hadir pada hari ini. Ini kesempatan emas bagi kita semua untuk dapat mempublikasikan karya ilmiah pada prosiding dan jurnal index Scopus, juga jurnal terindex Sinta 2 dan WoS.” ucap Iskandar.
Di hadapan para peneliti dari dalam dan luar negeri yang hadir, Iskandar memberikan link website konfrensi AIC www.aic.unsyiah.ac.id untuk mengetahui lebih detil dari kegiatan konfrensi ini.
Webinar ini terlaksana dengan sangat baik, yang dipandu oleh MC, Dr. Lismijar dan Moderator, Ustd Rifki Ismail dari Pusat Riset Pendidikan. [JB]

Categories: Berita