IMG_7141

Foto: Juanda BJ

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala menggelar Upacara Yudisium Lulusan Program S1 dan S2 Periode Mei – Juli 2018 pada hari Sabtu, 30 Juni 2018, di Auditorium FKIP Unsyiah, yang mana ini adalah pertama kalinya FKIP Unsyiah menggelar Yudisium S1 dan S2 pada satu tempat dan waktu yang sama. Calon sarjana yang  akan di-yudisium-kan berjumlah 302 mahasiswa yang terdiri dari 39 mahasiswa S2 dan 263 mahasiswa S1, diantaranya 45 mahasiswa lulus dengan predikat Lulus dengan Pujian. Acara dihadiri oleh Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III FKIP Unsyiah, serta Ketua Jurusan dilingkungan FKIP Unsyiah.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan Shalawat Badar, laporan masing-masing ketua program studi tentang jumlah mahasiswa yang di-yudisium-kan. Selanjutnya pembacaan berita acara yudisium oleh pimpinan fakultas, dan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang lulus dengan Pujian.

IMG_7138

Acara dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari lulusan yang diwakili oleh Putri Nurul A’La lulusan dari Program Pendidikan Bahasa Inggris yang mendapat predikat Lulus Dengan Pujian dan IPK 3,91. Dalam sambutannya ia menyampaikan dua hal yang mengesankan yang pertama tentu saja hari ini adalah hari yang telah kita nantikan, dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang luar biasa untuk mengantarkan kita ke tempat ini, karena tanpa keridhaan Allah mimpi kita tidak akan pernah terwujud, yang kedua kami mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua kami semoga semua usaha yang telah beliau kerahkan dapat terobati oleh pencapaian kami. Tidak lupa rasa terimakasih kami yang tercucur kepada Dekan, Dosen, dan segenap insan yang terlibat dalam hidup kami memberikan ilmu yang luar biasa kepada kami semoga kami mampu mengamalkan ilmu yang telah kami peroleh dan berguna bagi masyarakat.

IMG_7145

Selanjutnya kata sambutan oleh Dr. M. Hasan, M.Si selaku Wakil Dekan I FKIP Unsyiah, Beliau menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang yudisium atas prestasi yang telah diraih dan telah memperoleh gelar S.Pd. dan M.Pd. kelulusan S1 dan S2. Berkaitan dengan kelulusan, ketahuilah bahwa kita tidak harus semata-mata menjadi guru karena untuk menjadi guru masih harus menempuh jalur PPG tentu dengan perjuangan yang masih panjang berada di depan mata, dengan kata lain harus mampu memanfaatkan peluang. Terlebih kita telah ada di zaman “NOW” atau zaman “Revolusi Industri 4.0” teknologi informasi dan komunikasi begitu mendominasi, kita bisa melihat bagaimana anak-anak mulai dari sekolah jenjang sebelum SD saja sudah menggunakan gadget yang terlalu menyibukkan mereka dengan hal-hal yang belum tentu hal positif, maka tentu menjadi PR bagi kita untuk mengarahkan mereka kepada hal-hal yang positif dalam penggunaan teknologi yang sekarang ini begitu tak terbendung. Disisi lain pasar-pasar juga telah mencapai masa kritis dimana saat ini bermunculan pola berbelanja online yang semakin mendominasi dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah tanpa antri dan tanpa perlu tempat parkir. Inilah dinamika kehidupan yang harus kita hadapi, orang yang cerdas itu bukanlah orang yang mengeluh tetapi orang yang mampu beradaptasi untuk bisa eksis dan menaklukkan keadaan dimasanya. Himbauan kami selaku pimpinan adalah setiap alumni harus menjaga almamater dan menjunjung tinggi nama baik almamater dengan berkiprah dimasyarakat sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam bidangnya masing-masing.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa dan penutupan oleh MC kemudian foto bersama mahasiswa, pimpinan fakultas dan ketua jurusan. [JB]

Categories: UmumYudisium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *