FKIP Unsyiah Melepas 99 Mahasiswa PPL-KKN Terintegrasi di Bener Meriah

0
416

ppl-kkn-bmFKIP Unsyiah melepas 99 mahasiswa ke lima kecamatan di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh melalui Program PPL-KKN Terintegrasi. Kegiatan ini dibagi dua bagian, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Berdasarkan buku pedoman PPL-KKN Terintegrasi FKIP Unsyiah, kegiatan ini dilaksanakan dalam satu tema induk yaitu “Tema Pendidikan”. Melalui PPL-KKN Terintegrasi mahasiswa dirancang untuk dapat melakukan kegiatan akademik dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara simultan, sehingga diharapkan dapat menghemat waktu dan mempersingkat masa studi.

Kegiatan KKN mahasiswa tersebar di lima kecamatan, yaitu: Kecamatan Bandar, Bukit, Gajah Putih, Wih Pesam, dan Timang Gajah. Kegiatan PPL mahasiswa tersebar di 14 sekolah latihan, yaitu:

  1. SDN 1 Timang Gajah
  2. SDN 2 Timang Gajah
  3. SMA Unggul Wih Pesam
  4. SMAN 1 Bandar
  5. SMAN 1 Bukit
  6. SMAN 2 Timang Gajah
  7. SMAN 3 Timang Gajah
  8. SMPN 1 Timang Gajah
  9. SMPN 1 Wih Pesam
  10. SMPN 2 Timang Gajah
  11. SMPN 2 Wih Pesam
  12. SMPN 3 Timang Gajah
  13. SMPN 3 Wih Pesam
  14. SMPN 5 Timang Gajah

Mahasiswa PPL-KKN FKIP Unsyiah diserahkan oleh Dekan FKIP Unsyiah, Dr. Djufri, M.Si kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah pada Hari Selasa 10 Januari 2017. Pada acara penyerahan tersebut diadakan juga sosialisasi tentang Kegiatan PPL-KKN Terintegrasi kepada Kepala Sekolah dan guru sekolah latihan. Mahasiswa PPL-KKN Terintegrasi akan ditarik kembali pada tanggal 13 Maret 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Kebupaten Bener Meriah sangat antusias dan menyambut baik program ini, beliau berharap program ini dapat mengembangkan dan memperbaiki mutu pendidikan.

PPL-KKN Terintegrasi adalah salah satu Program baru di FKIP Unsyiah. Sebelumnya PPL dan KKN dilaksanakan terpisah. Program ini sudah dijalankan selama dua semester. Pada semester perdana, kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Besar. Pada Semester Genap TA 2016/2017 ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Besar dan Bener Meriah. [Ags]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY