FKIP Unsyiah Gelar Raker 2017 : Penguatan Program Studi untuk Meningkatkan Daya Saing

0
1073

20170112_094441-minDarussalam – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala mengadakan rapat kerja tahun 2017 dengan mengambil tema “Penguatan Program Studi untuk Meningkatkan Daya Saing”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis 12 Januari 2017 bertempat di Ruang Auditorium Utama FKIP Unsyiah yang dihadiri oleh ketua dan sekretaris dari 17 program studi jenjang S1 di FKIP, para guru besar FKIP, tim SP4 FKIP, serta ketua dan sekretaris dari 5 program studi jenjang S2.

Mulai tahun 2017 ini, Universitas Syiah Kuala mengembalikan manajemen Program Studi Magister (S2) yang bersifat monodisiplin ke masing-masing fakultas. Sebelumnya semua program studi magister berada di bawah manajemen Program Pasca Sarjana (PPs) Unsyiah. Adapun kelima program studi magister yang dikembalikan ke FKIP Unsyiah adalah Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Olahraga, dan Magister Pendidikan Biologi.

Ketua Panitia Raker FKIP 2017 sekaligus Ketua SP4 FKIP, Dr. Ibnu Khaldun, M.Si dalam sambutannya memulai kegiatan raker tersebut mengatakan, hendaknya para perseta raker membuat perencanaan yang baik dan bersifat ril sehingga hasil raker dapat diterima oleh Tim di tingkat Universitas.

Kegiatan Raker 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 FKIP Unsyiah Dr. M. Hasan, M.Si. Dalam sambutannya beliau menegaskan, hendaknya program-progaram yang direncanakan berkaitan dengan Rencana Strategis (Renstra) Universitas, Renstra Fakultas, dan Renstra Program Studi. Beliau menambahkah, program-program yang direncanakan harus dibuat skala prioritas. Sehingga tim SP4 Fakultas dan Tim SP4 Universitas dapat mengetahui tingkaat prioritas suatu program yang diusulkan. Hal ini dapat mencegah hilangnya program-program penting, jika ada program-program yang dihapus oleh tim SP4 dengan alasan tertentu. Namun demikian, Wakil Dekan 1 juga mengharapkan kepada Pimpinan Fakultas untuk bersama-sama mengawal program-program tersebut sampai ke tingkat Universitas.

Lebih lanjut Wakil Dekan 1 menambahkan, program-program prioritas FKIP adalah Pengembangan Kurikulum, E-Learning, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), serta Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Kegiatan rapat kerja tersebut dilakukan dengan cara presentasi paralel. Setiap ketua program studi mempresentasikan program-program yang telah disusun bersama tim di program studi.

Peserta raker menyambut baik kegiatan tersebut. Salah seorang Guru besar FKIP, Prof. Dr. M. Ali S., M.Si mengatakan, “Ini adalah salah satu langkah maju bagi Program Studi dan Fakultas, sehingga setiap Program Studi memiliki program yang jelas kedepannya.” Beliau juga menambahkan, “Agar Program Studi kuat dan dapat meningkatkan daya saing, Fakultas perlu memberikan kewenangan pengelolaan dana yang besar pada Program Studi yang diawasi oleh Fakultas.” Pada tahun 2017 ini, Beliau berharap, “Koordinator lebih terfokus, pembagian tugas dan penempatan personil di FKIP harus sesuai bidang dan kemampuannya.” [Ags]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY