compress- YDXJ2592FKIP Unsyiah melaksanakan Pembinaan Karakter dan Akademik Mahasiswa Baru (PAKARMARU) 2016 di Gedung ACC Dayan Dawood  dari tanggal 30 dan 31 Agustus 2016 yang diikuti oleh 1029 mahasiswa baru yang lulus di FKIP. Kegiatan PAKARMARU di FKIP dilaksanakan setelah kegiatan PAKARMARU universitas yang secara serentak diadakan dari tanggal 27 s/d 29 Agustus 2016.

PAKARMARU FKIP dirangkai dengan berbagai kegiatan yang diawali sambutan oleh Dekan FKIP Dr. Djufri, M.Si. Dalam sambutan mengatakan “Guru adalah Garda terdepan dalam memperbaiki kualitas Bangsa ini karena untuk menjadi seorang dokter hebat dibutuhkan guru dan untuk menjadi profesor yang hebat juga ada ditangan guru. Dan Pakarmaru FKIP ini hendaklah dilaksanakan  sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan”

Mahasiswa baru  menonton film Dokumenter FKIP Unsyiah untuk menambah wawasan mengenai FKIP sebagai tempat menimba ilmu. FKIP merupakan salah satu fakultas tertua di Aceh, dan memiliki 17 Program Studi untuk S1, 8 Program Studi untuk S2 dan 1 Program Studi untuk S3. FKIP juga sudah dilengkapi dengan laboratorium-laboratorium representatif berteknologi terkini seperti fisika, kimia, Biologi dan laboratorium IPS yan menunjang kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan FKIP dikembangkan secara moderen dan berbasis IT yang terkoneksi dengan perpustakaan lain yang ada di Aceh dan di luar Aceh.

Pembekalan dan peraturan Akademik di paparkan oleh Dr. M. Hasan, M.Si selaku wakil Dekan I Bidang Akademik, sistem pembelajaran di Fakultas sangat berbeda dengan sistem di sekolah. seorang mahasiswa dituntut untuk lebih banyak belajar mandiri dengan sistem kredit semester yang diawali dengan registrasi, pembayaran SPP, Pengisian KRS dan bimbingan dosen wali, Evaluasi hasil studi sehingga lulus. Rata-rata kredit yang harus diselesaikan di FKIP adalah 145 – 148 sesuai dengan yang ditetapkan oleh prodi yang harus diselesaikan dalam waktu 8 semester dan 2 semester tambahan. Tahun 2016 ini unsyiah menerapkan kurikulum baru 2016 dan panduan akademik baru. Mulai tahun 2016 tidak ada lagi perpindahan mahasiswa antar fakultas di lingkungan unsyiah.

compress- YDXJ2588

Untuk menyelesaikan studi di FKIP dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya, yang pertama kali yang harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda, sehingga kita bisa memahami kekurangan dan kelebihan kita. Kita bisa juga mengambil contoh atau meniru salah satu ulama besar Islam Al-Gazali yang menghasilkan karya-karya yang masih sangat relevan sampai hari ini. Hal ini tentu dilakukan oleh beliau dengan kerja keras dan manajemen waktu yang sangat bagus, demikian yang disampaikan oleh Dr. Irsyadillah, M.Sc selaku pemateri memberi motivasi dan kiat sukses Belajar di perguruan Tinggi.

Untuk mencapai tujuan, tentu tidak mudah banyak masalah dan cobaan yang datang silih berganti, sebenarnya masalah yang kita hadapi diberikan oleh Allah, S.W.T sesuai dengan kemampuan yang kita miliki ungkap Dr. Rer. Nat. Ilham Maulana dalam Materi Nilai Budaya, tata krama dan Etika keilmuan.

Diakhir kegiatan PAKARMARU FKIP 2016, seraya menutup kegiatan Dekan FKIP menekankan kembali kepada seluruh Mahasiswa baru dilingkungan FKIP bahwa tidak ada lagi kegiatan PAKARMARU setelah kegiatan ini, maka segala kegiatan yang berbau ospek dilarang keras di Unsyiah bagi yang melanggarnya maka akan dikenakan sanksi yang berat.

Categories: MahasiswaUmum